Sabtu, 24 Desember 2011

0

Mendikbud Dorong UI Tentukan Pilihan


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh

JAKARTA, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kembali mengundang Rektor Universitas Indonesia dan Majelis Wali Amanat (MWA) UI untuk menanyakan perkembangan tiga opsi yang diberikan Mendikbud kepada Rektor dan MWA UI pada 13 September 2011.

Kami hanya ingin bertanya apakah mereka telah memilih opsi mana yang akan dipilih.
-- Mohammad Nuh

Pada saat itu, menanggapi kisruh UI, Mendikbud memberikan tiga opsi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pertama, mempersilakan jika UI ingin memperpanjang status badan hukum milik negara (BHMN). Kedua, mengubah UI menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Ketiga, mempercepat pemilihan rektor. Namun, lebih dari tiga bulan diberikannya opsi tersebut, ternyata kisruh UI belum menemui titik terang. Seperti banyak diberitakan, kisruh UI bahkan semakin meluas.

"Maka, malam ini kami undang rektor dan MWA untuk makan malam. Kami hanya ingin bertanya apakah mereka telah memilih opsi mana yang akan dipilih," kata Nuh kepada Kompas.com, Kamis (22/12/2011) di Kemdikbud, Jakarta.

Nuh menjelaskan, yang menjadi prinsip dari Kemdikbud adalah kedua belah pihak tidak boleh saling meniadakan. Yang terpenting baginya adalah keberlangsungan UI pada masa depan dan bagaimana kedua organ itu (rektor dan MWA) dapat terus berjalan beriringan.

Selain itu, lanjut Nuh, masa kerja MWA UI yang akan berakhir pertengahan Januari 2012 dan Rektor UI yang juga akan berakhir pertengahan Agustus 2012 seharusnya dimanfaatkan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya secara baik. "Itu yang lebih penting karena cepat atau lambat semua akan berakhir. Malam ini, kami akan dorong semua untuk memilih dan menyepakati opsi mana yang akan dipilih," ujarnya.

0 Responses to “Mendikbud Dorong UI Tentukan Pilihan”

Posting Komentar