Senin, 26 Desember 2011

0

5 Seniman Raih Penghargaan Batanghari Sembilan



Salah satu pertunjukan monolog dalam malam pemberian Anugerah Seni Batanghari Sembilan yang diumumkan Jumat (23/12/2011) malam di Palembang, Sumatera Selatan.


PALEMBANG, Lima seniman Sumatera Selatan memperoleh Anugerah Seni Batanghari Sembilan tahun 2011.

Mereka adalah Armada Mandala Simaoera untuk anugerah bidang senirupa, Ermayanti untuk bidang seni tari, dan Eko Putra untuk bidang seni sastra.

Adapun Edwin Fast menerima anugerah bidang seni teater, dan Edy Wiranata untuk bidang seni musik.

Tiap nominasi, terdapat delapan nominator yang dipilih berdasar karya mereka tahun 2011.

Selain memperoleh piagam penghargaan, para penerima anugerah memperoleh hadiah biaya.

Anugerah Seni Batanghari Sembilan merupakan penghargaan seni untuk para seniman Sumatera Selatan. Penghargaan tahunan ini diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Sumatera Selatan sejak tahun 2009, dan diharapkan dapat mendorong seniman Sumatera Selatan untuk terus berkarya.

Selain pemberian anugerah, acara penghargaan seni ini juga menjadi panggung kesenian yang menampilkan seni dan budaya Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, menyayangkan panggung kesenian ini tak dapat dinikmati masyarakat. Acara hanya dapat dinikmati para undangan. Padahal, acara ini dapat menjadi ajang sosialisasi kesenian Sumatera Selatan.

"Saya berharap, tahun depan bisa ditayangkan ke masyarakat yang lebih luas, misalnya dengan ditayangkan di televisi atau stadion," tuturnya.

Para penampil di antaranya adalah peraih penghargaan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini ditampilkan pula wayang kulit Palembang yang langka ditampilkan.

Batanghari Sembilan adalah istilah untuk kebudayaan yang berbasis pada sungai yang berkembang di Sumatera bagian Selatan. Istilah ini juga digunakan untuk irama musik dengan petikan gitar tunggal yang berkembang di wilayah itu.

Dalam Bahasa Indonesia, Batanghari Sembilan berarti sembilan anak sungai besar. Istilah ini diduga berdasar dari anak-anak sungai Musi yang berjumlah sembilan, yaitu Kelingi, Beliti, Lakitan, Rawas, Rupit, Lematang, Leko, Ogan, dan Komering.

Source: http://smartcome.blogspot.com

0 Responses to “5 Seniman Raih Penghargaan Batanghari Sembilan”

Posting Komentar